sponsor

Saturday, December 22, 2018

hari ibu hari ibu tanggal 22 desember 2018 selamat hari ibu


Selamat hari ibu,

Hari ibu merupakan hari yang diperingati bagi semua penduduk dunia,karena ibu adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita, mulai dari mengandung, melahirkan, sampai membesarkan kita hingga saat ini. Maka tidak heran kalau ada sebutan “Surga ditelapak kaki ibu”.
Sedikit cerita dari saya tentang ibu.
Ibu menurut saya adalah pahlawan yang selalu menolong dan membantuku disaat aku sedang kesulitan, ibu adalah guru yang selalu mengari aku dari yang tidak bisa menjadi bisa, ibu adalah segalanya bagiku karena kalau tidak ada ibu maka kita semua tidak akan pernah ada.
Berikut ini adalak kata-kata mutiara untuk ibu :
“Ibu pengorbananmu tak pernah terbalaskan, kerena kalu terbalas itu namanya pesan”
“Ibu kenapa telapak kakimu lebih indah di banding hidungku, karena telapak kaki ibu ada surga kalau di hidungmu Cuma ada upil”
“Cinta ibu tulus langsung dari hati, kalau cinta gebetan biasanya ada maunya”
“Kasih ibu tiada tara, kasih mantan tiada guna”
“Doa ibu menyertaimu , doa mantan menggangguku”

Berikut ini ada beberapa puisi tentang ibu,  untuk memperingati hari ibu :
ni kumpulan puisi ibu atau puisi untuk hari ibu 2018.
Berikanlah surat berisi puisi dengan kata-kata mutiara selamat hari ibu untuk ibunda pada 22 Desember.
Setiap tanggal 22 Desember selalu diperingati sebagai Hari Ibu.
Bunda Airmata
MH Ainun Najib

 Kalau engkau menangis

Ibundamu yang meneteskan air mata

Dan Tuhan yang akan mengusapnya

Kalau engkau bersedih


Ibundamu yang kesakitan
Dan Tuhan yang menyiapkan hiburan-hiburan
Menangislah banyak-banyak untuk Ibundamu
Dan jangan bikin satu kalipun untuk membuat Tuhan naik pitam kepada hidupmu
Kalau Ibundamu menangis, para malaikat menjelma butiran-butiran air matanya
Dan cahaya yang memancar dr airmata ibunda membuat para malaikat itu silau dan marah kepadamu

Dan kemarahan para malaikat adalah kemarahan suci sehingga Allah tidak melarang mereka tatkala menutup pintu sorga bagimu



Sajak Ibu
 oleh Widji Tukul.

Ibu pernah mengusirku minggat dari rumah
Tetapi menangis ketika aku susah

Ibu takbisa memejamkan mata

Bila adikku tak bisa tidur karena lapar


Ibu akan marah besar

Bila kami merebut jatah makan yang bukan hak kami

Ibuku memberi pelajaran keadilan dengan kasih sayang

Ketabahan ibuku


Mengubah rasa sayur murah menjadi sedap

Ibu menangis ketika aku mendapat susah

Ibu menangis ketika aku bahagia

Ibu menangis ketika adikku mencuri sepeda

Ibu menangis ketika adikku keluar penjara



Ibu adalah hati yang rela menerima

Selalu disakiti oleh anak-anaknya

Penuh maaf dan ampun

Kasih sayang Ibu adalah kilau sinar kegaiban Tuhan


Membangkitkan haru insandengan kebijakan

Ibu mengenalkan aku kepada Tuhan



Puisi Ibu

Pernah aku di tegur

Katanya untuk kebaikan

Pernah aku dimarah

Katanya membaiki kelemahan

Pernah aku diminta membantu
Katanya supaya aku pandai

Ibu . . . . .
Pernah aku merajuk

Katanya aku manja

Pernah aku melawan

Katanya akudegil

Pernah aku menangis
Katanya aku lemah

Ibu . . . . .
Setiap kali aku tersilap

Dia hukum aku dengan nasihat

Setiap kali aku kecewa

Dia bangun di malam sepi lalu bermunajat

Setiap kali aku dalam kesakitan
Dia ubati dengan penawar dan semangat
dan bila aku mencapai kejayan
Dia kata bersyukurlah pada Tuhan

Namun . . . . .

Tidak pernah aku lihat air mata dukamu

Mengalir di pipimu

Begitu kuatnya dirimu….

bu . . . . .
Aku sayang padamu….

Tuhanku….

Aku bermohon padaMu

Sejahterahkanlah dia

Selamanya…..


IBU
 Oleh Khalil Gibran

bu adalah segalanya, dialah penghibur di dalam kesedihan
Pemberi harapan di dalam penderitaan, dan pemberi kekuatan di dalam kelemahan
Dialah sumber cinta, belas kasihan, simpati dan pengampunan
Manusia yang kehilangan ibunya berarti kehilangan jiwa sejati yang memberi berkat dan menjaganya tanpa henti
Segala sesuatu di alam ini melukiskan tentang susuk Ibu
Matahari ada lah ibu dari planet bumi yang memberikan makanannya dengan pancaran panasnya
Matahari tak pernah meninggalkan alam semesta pada malam hari sampai matahari
meminta bumi untuk tidur sejenak di dalam nyanyian lautan dan siulan burung-burung dan anak-anak sungai
Ibu, di tubuhmu yang tabu untuk kusentuh
Kulabuhkan ingatan keparat dan menyesakkan demi sebait puisi yang menjadikan engkau bulan
Akan bangkit gairah yang runtuh
Meski ajal dan kepulangan terlanjur sudah dijanjikan
Tungku-tungku telah dinyalakan
Kutu-kutu telah ditindas dari rambut.
Sagu-sagu telah di tebang dari lahan gambut. 
Susu-susu sudah di peras dari setiap daging yang tumbuh

Padi-padi telah ditumbuk dari lumbung dan lesung
Lalu, apalagikah yang belum genap
dari tubuhmu, Ibu ?
Di tubuhmu bersarang seluruh rangrang dan burung-burungluruh sayap. 
Pisau tak bersarung

Alu yang berderap. Pun sepatu dan debu
Bumbu-bumbu dan warung kopi penuh cakap tapi tidak tentang kepulangan ! 
Biarlah, Ibu,kepulangan menjadi milikku seseorang, milik ajal dan gairah tak tertahankan
Agar bangkeit segala yang runtuh,
Hingga tubuhmu tak lagi tabu aku sentuh
dengan tangan panjang kenanganku
Begitulah Ibu, tuubuhmu menjelma jadi sepotong labu dalam arus pikiranku hijau, telanjang, berlumut, terapung hanyut ke laut pengembara
Maka di ujung puisi ini, sebelum turun hujan
Kujadikan engkau bulan.

Kasih ibu
oleh adhy_kts

ibu kasihmu tulus, setulus mentari yang menyinari pagi
Ibu pengorbananmu tak pernah aku lupakan, bagai batu karang yang tak lupa akan air laut
Ibu doamu selalu menyertaiku, bagai petir yang menyertai air hujan
Berjuta-juta terima kasih tak akan mampu membalas jasamu
Beribu-ribu doaku tak akan bisa membayar semua pengorbananmu
kaulah orang yang paling mulia di dunia ini
sebab ridho tuhan ada di dirimu
dan surga ada di telapak kakimu
Ibu kaulah tuhan yang nampak di dunia ini