sponsor

Sunday, December 30, 2018

Cara menulis puisi dengan baik dan benar


Cara Membuat Puisi yang Baik dan Benar bagi Pemula




Cara Membuat Puisi – Hallo Saudara sekalian, selamat datang di https://jancokiyah.blogspot.com/ Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat puisi yang baik dan benar.

Langsung saja kita bahas ya ..

.. Biar tambah berkah, jangan lupa baca Doa dulu menurut agama dan keyakinan masing-masing ..

Membuat Puisi

Sebetulnya, membuat puisi itu gampang-gampang susah. Kita harus memiliki kosa kata yang banyak untuk menjadikan sebuah puisi itu terlihat bagus dan indah,Butuh imajinasi yang tinggi agar puisi tersebut menjadi nyata dan hidup.
Sama halnya membuat cerpen, dalam cerpen juga kita harus mengeluarkan seluruh tenaga dan pikiran kita agar terfokus kepada kata-kata yang tepat untuk isi di dalam karangan tersebut.
Sebenarnya semua orang bisa membuat puisi dengan baik dan benar, asalkan mau belajar dan berusaha serta memiliki pikiran, karena kalu kita tidak memiliki pikiran maka mustahil itu terjadi. Hahahah ...
Baiklah,
Sekarang kita akan membahas cara jitu dan cepat membuat puisi yang baik dan benar bagi pemula.

Cara Membuat Puisi yang Benar


Tips jitu cara membuat puisi :
1.    Berfikir Secara kreatif
2.    Tingkatkan penggunaan kosa kata dan juga makna kiasan
3.    Jadikan puisimu seperti memiliki soul, jiwa.

Berfikirlah Secara Kreatif

Karena dari pikiran yang kreatif, maka akan banyak ide yang di dapat dengan mudah. Ide yang terkumpul juga akan beragam dan unik jika kita memiliki kreatifitas yang tinggi.
Maka dari itu langkah awal untuk membuat puisi kamu cukup memikirkan ide-ide lalu tulis semua ide tersebut gunakan juga imajinasimu serta khayalanmu, Dengan begitu kamu akan dipaksa untuk mencari terus ide yang kreatif dan ujung-ujungnya pikiranmu akan semakin berkembang.
Mari kita bahas lebih dalam tentang ide.

Cara Menggali ide puisi

Dalam bab ini, kita sebetulnya bisa mendapatkan ide dari mana saja, kapan saja, apa saja yang bisa kita dengar, rasakan, dan kita lakukan bisa menjadi ide dalam membuat puisi.
Misalkan saja kita sedang memikirakan tentang ayah kita. Kita bisa buat seperti ini :
Ayah perjuanganmu tiada tara
Kau rela keringatmu deras bercucuran
Untuk menghidupi keluarga tercinta
Semoga kau sehat selalu serta dalam lindungan tuhan
Yah, contoh kecilnya seperti itu. Kamu pasti bisa melakukannya yang lebih dari pada yang saya contohkan.
Dengan ide kamu akan tau harus berbuat apa, lalu mampu menentukan target karangan yang hendak dibuat. Teruslah berusaha jika benar-benar niat.
Kalau boleh saran buat kamu yang ingin membuat puisi, hendaknya kamu jika sudah mendapatkan ide, maka lakukanlah :
1.    Tulis segera ide yang kamu dapat.
2.    Pikirkan serta inajinasikan ide yang kamu dapat dengan sediki khayalan. Juga tidak masalah
3.    Jangan mudah putus asa jika puisimu tidak bagus, koreksi lagi benahi kata-kata yang sekiranya kurang tepat.


Kenapa tiga saran tersebut harus kamu lakukan?
Ketika kita mendapatkan ide, pada saat itulah otak dan diri kita akan sangat mendalami dari diri kita sendiri. Seolah-olah ada jiwa yang memanggil untuk membuatmu menulis.
Berbeda dengan kita yang mendapatkan ide lalu kita biarkan berlarut-larut. Walaupun kita masih bisa mengingatnya, tapi kita tak akan mendapatkan rasa yang sama ketika pertama kali kita mendapatkan ide tersebut.
Bila mau bukti contoh, coba buat suatu puisi pendek saja, lalu setelah selesai buang puisi tersebut ke tong sampah. Terus tulis ulang ide yang baru saja kamu dapatkan, maka kita lihat hasilnya, apakah kamu masih bisa menuliskannya seindah karanganmu yang pertama.
Nah kenapa kita jangan mudah putus asa, karena putus asa tidak akan pernah membuahkan hasil. Misalnya kita kita buat puisi lalu berhenti di tengah jalan karena saat itu sedang tidak ada ide, trus kamu putus asa, maka puisimu tidak akan pernah jadi.
Beda halnya kalau kamu berti karena tidak punya ide lagi, tapi kau terus memikirkan sesuatu topik yg jadi ide puisimu, maka kamu akan menemukan ide-ide baru lagi.
Cara lain untuk mencari ide adalah kalian bisa mendengarkan atau membaca puisi-puisi orang lain atau dari puisi-puisi yang terkenal.
Dengan sering membaca dan mendengarkan puisi maka kita ibarat mengumpulkan berbagai amunisi, lalu kita tinggal gunakan jika kita membutuhkannya.
Sisi positif dari seringnya membaca puisi juga kita akan mendapatkan pembendaharaan kata yang banyak. Kita juga bisa ambil contoh dari puisi-puisi terkenal sebagai reverensi.
Coba bandingkan puisi yang telah kamu buat dengan puisi-puisi yang sudah terkenal. Jika kata dan irama puisimu masih jelek, maka akan sangat terlihat jika dibandingkan puisi kelas atas. Asah terus kemampuanmu.
Tingkatkan penggunaan kosa kata dan juga makna kiasan

Untuk menambah kualitas puisi yang sudah kita buat. Dari sini kita bisa lihat dan cermati apa yang masih salah dari puisi kita. Jangan-jangan ada kata-kata yang tidak tepat, yang akan merusak isi dari puisi tersebut.
Salah satu dampak baik dari membandingkan hasil puisi kita dengan puisi yang lain juga kita bisa lihat, apakah puisi kita sudah cukup berkualitas apa belum.
Dari segi bait, irama, makna dan kata yang terkandung.

Pilihlah kosa kata yang tepat

Berbicara tentang kos kata, dalam pembuatan puisi kamu dipaksa untuk memilah-milah kata yang tepat, agar menjadi sebuah puisi yang indah.
Terlalu banyak kata yang tidak penting akan membuat puisimu jelek dan membosankan.
Maka dari itu, pilihlah dan cermati kata yang akan dijadikan isi dari sebuah puisi tersebut.

Deskripsikan suasa dalam puisi

Salah satu puisi yang bikin powerfull banget juga dari penggambaran suasana di dalam karangan.
Dari sini para penikmat puisi akan semakin terbawa ke dalam kandungan dan isi dari puisi tersebut. Makna yang akan disampaikan juga akan lebih mudah ditangkap oleh pembaca.

Berikan suatu pesan dalam sebuah puisi


Dibagian ini tergolong cukup susah, karena apabila puisi kita tak bermakna sama sekali, yaa .. pembaca akan langsung melupakannya setelah membacanya sekilas.
Belajarlah untuk memberi sebuah pesan yang terkandung dalam puisi karanganmu. Jika hanya membuat puisi saja maka akan masih tergolong mudah, tapi kalau puisi yang ngena banget di hati para pembaca dan susah untuk dilupakan adalah puisi yang mengandung pesan tertentu.

Jadikan Puisimu Seperti Memiliki Soul (Jiwa)


Di bagian ini seharusnya anda sudah harus membuat puisi dari beberapa cara membuat puisi di atas.
Karena dari bagian ini kamu tidak bisa menilai apakah puisimu sudah menjiwai ataukah belum jika kamu tidak memiliki contoh puisi.
Lalu saya akan memberikan beberapa tips untuk kamu supaya puisi kamu lebih membekas di hati para pembaca.
Tapi perlu diketahui bahwa, tak ada air sumur yang bersih untuk pertama kali menimbanya setelah membuatnya.
Artinya kita harus terus menimba air tersebut sehingga pasir yang ada di dalam sumur tersebut habis. Lali baru kita bisa menikmati air jernih yang ada di dalamnya.
Tips yang harus kamu lakukan :
1.    Pertama
gaimana mengetahuinya kalau puisi kita sudah memiliki soul?
Bacalah kembali puisi yang telah kamu buat. Baca dengan benar dan menghayatinya. Dengan begitu kamu bisa merasakan dan menilai dari hasil puisimu.
Layak apa belum atau masih ada yang harus diperbaiki dan dibenahi. Cara ini cukup efektif bagi para pembuat puisi pemula.
Jika masih banyak yang harus dibenahi, maka tandailah mana saja yang memang perlu untuk diperbaiki.
2.  Kedua
Setelah puisi buatanmu telah kamu dengarkan dan baca kembali, maka beberapa yang telah kamu tandai kini harus dirombak.
Dengan merombak puisimu dan menulis ulang dengan yang lebih baik, maka kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.
3. Ketiga
Coba bagikan puisimu ke berbagai teman. Di sinilah mentalmu akan diuji dan di sini jugalah terlihat apakah puisimu itu sudah bagus ataukah belum.
Karena orang bisa menilai lebih baik dari pada diri kita sendiri. Pun juga tujuan dari kita membuat puisi agar di dengar dan dibaca oleh orang banyak.
Jangan takut dikritik. Karena kritikan adalah bumbu dari kehidupan, maka dengan mendapat kritikan kamu akan menambah pengalaman.

Sekian dari pembahasan cara membuat puisi, semoga artikel bermanfaat bagi para pembaca, di usahakan saya akan membuat artikel yang update setiap harinya, di https://jancokiyah.blogspot.com/

Sekian dan terima kasih !!!!
Salam saya :
Adhy_Kts

0 komentar:

Post a Comment